Sunday, February 28, 2010

Kenali Tipe Kecerdasanmu

Menurut Profesor dari Harvard yaitu professor Howard Gardner, diluar sana setidaknya terdapat 10 bahkan lebih jenis kecerdasan. Ada ciri-ciri tertentu ditiap tipe kecerdasan. Nah yang mana tipe kecerdasanmu? Yuk lihat penjabarannya:


1.Kecerdasan Linguistik

Jika kamu merasa asik dengan kegiatan menulis membaca menyimak dan berbicara dan kamu melakukannya dengan santai. Kamu menyukai menghafal informasi dan menambah kosakata kamu juga jago bercerita.



2.Kecerdasan Musikal

Kamu bisa mendeteksi ritme pola dan tempo pada hal-hal yang tampaknya tidak memiliki faktor-faktor tersebut; seperti kicau burung atau suara jangkrik. Kamu bisa mendengar nada dan titi nada dan mungkin kamu punya bakat dalam memainkan satu alat musik atau lebih. Kamu menyukai banyak jenis aliran musik.


3. Kecerdasan Logika Matematika

Kamu secara naluriah meletakkan segala sesuatu di tempatnya dan mampu memahami penjumlahan, seringkali bahkan di luar kepala. Angka dan rumus matematika adalah hal sepele bagi kamu. Dan kamu sangat suka sekali permainan yang menantang otak permainan logika game dan komputer.



4. Kecerdasan Visual-Spasial

Kamu langsung tahu jika ada bangunan atau lukisan atau orang yang kurang simetris. Jika kamu atlet kamu bisa menentukan dengan hampir sempurna berapa derajat yang dibutuhkan untuk mencetak angka untuk masuk ke gawang atau ring basket. Kamu bisa secara imaginer memutarbalikkan bentuk-bentuk rumit dan kamu bisa menggambar apapun yang kamu lihat. Kamu jago membongkar dan merangkaikan kembali barang-barang dan kamu maniak dengan game!



5. Kecerdasan Tubuh Kinestetik

Kamu ahli menangani dan memanipulasi objek, selain itu kamu mampu menggerakkan tubuh dengan anggun dan santai. Kamu suka sekali melatih tubuh hingga mencapai kondisi terbaik dan kamu mungkin bisa menirukan orang lain dengan sempurna. Kamu mungkin berbakat dalam satu jenis kerajinan tangan atau lebih; memahat, menjahit, menenun, dll.



6. Kecerdasan Interpersonal

Kamu bisa memahami orang lain dengan mudah, mengetahui suasana hati dan perasaan mereka. Kamu seorang pemimpin alami dan mediator. Kamu bisa menghentikan pertengkaran antara dua teman kamu dan masih bisa menjalin hubungan baik dengan keduanya.



7. Kecerdasan Intrapersonal

Kamu paham benar tentang diri kamu sendiri. Kamu amat mengerti akan perasaan mimpi dan ide yang kamu miliki dan kamu setia pada sasaran hidup kamu. Kamu suka menulis jurnal/ buku harian/ blog.



8. Kecerdasan Naturalis

Kamu merasakan adanya kaitan yang mendalam antara jagat raya dan penghuninya; tumbuhan dan binatang. Kamu suka meneiliti dan mengamati dunia luar. Kamu berbakat dalam berkebun dan memasak.



9. Kecerdasan Eksistensial

Kamu suka sekali dan memiliki bakat bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan sulit. Seperti hakikat hidup, hakikat mati, siapa kita sebenarnya, kenapa kita hadir di dunia ini, dan kenapa dunia ini tercipta.



10. Kecerdasan Spiritual

Kamu amat sensitif dan memiliki minat pada hal-hal yang bersifat spiritual dan religius. Mungkin juga kamu pernah mengalami pengembaraan spiritual dan pencerahan. Atau bentuk lain yaitu kamu bisa merasakan kehadiran “makhluk lain”.



Lalu yang mana nih tipe kecerdasan yang kamu miliki? Share yaa..



Sumber: The Gifted Survival Guide Oleh Juy Galbraith dan ji Delisle 1996

11 comments:

  1. informatif sekali sobat, kira2 kecerdasan jenis apa yang saya miliki ...?!

    ReplyDelete
  2. kayanya ga ada yg masuk sama aku
    mungkin karna ga cerdas akunya hehe

    ReplyDelete
  3. biasanya yg menilai kita cerdas itu orang lain kan ? klo suruh kenal ya kayaknya kenal banget hehehhe

    ReplyDelete
  4. kira2 ada g org yg memiliki semua kecerdasan itu..? klo aku sih mungkin cm bs 1 kecerdasan aja..

    ReplyDelete
  5. yani yang mana ya??
    bisa campuran neyh.. sesuai sikon..^_^
    tapi biasanya ada psikotesnya kan buat tau tipe apa aja yang kita miliki..

    ReplyDelete
  6. mungkin ga sih jika seseorang memiliki kecerdasan semuanya dari tiap kategori itu? kok rasa-rasanya aku memiliki dari semua itu ya? Cuma sayangnya tidak ada satu pun yang menonjol... Hanya sedikit-sedikit dari kategorinya... Hm, perlu pendalaman lebih jauh kali ya... Thanks udah sharing...

    ReplyDelete
  7. Nice info, sob... ini adalah semacam evaluasi diri, yg artinya melihat ke dlm... tentunya, krn potensi msg2 berbeda, maka adalah menyenangkan utk menggalinya... learning by doing, gitu sih kata org... hehe... btw, jgn lupa mampir ke blog q yaaa... sekalian follow balik ... tengkyuuuu

    ReplyDelete
  8. Hmm...
    kira-kira aku cerdas yang mana ya? haha...
    mungkin aku masuk ke kecerdasan interpersonal, coz kata temen-temen aku tuh kayak yang bisa tau apa yang orang lain pikirkan, bahkan sampai ada yang bilang aku punya indra ke-6, haha...

    ReplyDelete
  9. Ok sahabat mantap sekali untuk mengenali kecerdasan yang ada pada diri maupun orang lain...
    terima kasih sharingnya..

    ReplyDelete
  10. aduh bingung aq tuh trmasuk cerdas g ya,,,^_^

    ReplyDelete
  11. Mampiir lageee.. semoga sukses yaa brooo....

    ReplyDelete