Saturday, June 26, 2010

Gaya Hidup, Antibiotik, dan Imunitas

Musim hujan yang datangnya sampai saat ini tidak menentu, kadang-kadang cuaca panas, kadang-kadang hujan deras sampai banjir, menyebabkan wabah penyakit berdatangan. Belakangan ini saja, sering kita baca atau dengar berita yang menyebutkan banyaknya nyawa
melayang karena menderita penyakit pasca-banjir. Maka itulah, beberapa orang sering langsung minta antibiotik ketika berobat ke dokter untuk mencegah parahnya penyakit yang diderita. Bahkan, ada sebagian orang yang nekat membeli antibiotik sendiri tanpa resep dokter.


Apakah langkah itu efektif?
Antibiotik memang bisa mengurangi rasa sakit ketika pertama kali dikonsumsi. Namun, bakteri tak mudah dilawan.  Ada bakteri yang kalah melawan antibiotik, ada juga yang lebih cerdik daripada antibiotik, sehingga bermutasi dan malah menjadi lebih kuat lagi. Artinya, butuh antibiotik dalam dosis lebih besar lagi untuk melawannya. Kalau hal ini berulang-ulang dilakukan, maka bakteri akan menjadi resisten terhadap antibiotik manapun yang dikonsumsi. Karena itulah, menurut dr. Iris Rengganis SpPD-KAI dari Divisi Alergi-Imunologi Klinik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM Jakarta, “Kita jangan melupakan sistem imun tubuh dan menggantungkan diri terhadap antibiotik.” Iris berpendapat bahwa kekebalan tubuh bersifat dinamis, yaitu bisa menurun, bisa juga meningkat. Imunitas dipengaruhi oleh umur, nutrisi, vitamin, mineral, hormon, kegiatan olahraga, dan keadaan emosi, atau dengan lain perkataan adalah gaya hidup seseorang.  Contohnya, anak yang mengalami kekurangan protein kalori, maka kekebalan tubuhnya menurun. Akibatnya, anak mudah terserang penyakit infeksi. Sebaliknya, pemberian nutrisi yang berlebihan juga tidak baik terhadap sistem imun, misalnya pada pasien obesitas. Penderita obesitas sering terkena penyakit infeksi dan ketika sakit, penyakitnya malah lebih berat.
Itu sebabnya, dr. Iris menganjurkan agar kita semua kembali saja ke gaya hidup sehat supaya sistem imun terjaga dan dapat meningkat. Gaya hidup sehat sebenarnya memang tidak susah-susah amat. “Cukup dengan mengonsumsi makanan yang gizinya seimbang, hidup sehat yang higienis, tidur cukup selama 8 jam sehari, minum air putih 2 liter sehari, olahraga teratur, dan menjaga berat tubuh yang ideal.”

23 comments:

  1. Bener sob, gaya hidup sehat harus selalu diperhatikan apalagi sekarang bulan bola

    ReplyDelete
  2. @indahnya kebersamaan: bener tuh sob.. tiap hari pasti begadang, waktu istirahat jd kurang..

    ReplyDelete
  3. mantap gan, kita emang harus menjaga kesehatan kita daripada terlalu memaksakan suatu pekerjaan

    ReplyDelete
  4. @mediapendidikan: setuju bro.. karna sehat itu mahal..

    ReplyDelete
  5. di piala dunia africa ini gan..malah tambah sering begdang.. gaya hidup yg musiman.. hehehe

    ReplyDelete
  6. @andi wong: mungkin bisa diimbangi dengan pola makan yg teratur dan minum vitamin.. :)

    ReplyDelete
  7. Saat ini cuaca emang luar biasa bikin pusing kepala... Saya jadi males makan tapi banyak minum.. :)

    ReplyDelete
  8. memang tidak mudah melaksanakan gaya hidup sehat terlebih dewasa ini semuanya serba instant dan tekanan/beban pekerjaan yang terkadang banyak menyita waktu, btw makasih sahabat atas postingannya. Salam

    ReplyDelete
  9. makasih sharing bermanfaat ini kawan.

    ReplyDelete
  10. @rizal: semoga bermanfaat bro..

    @butik bella: makan tetap harus dijaga sist, agar tubuh kita punya nutrisi yg cukup untuk proses pertahanan tubuh..

    @BRI jakarta veteran: iya mas memang tidak mudah.. tp asal kita bisa mengatur waktu dan disiplin menjalankannya pasti bisa..

    ReplyDelete
  11. Tidak sulit menjalankan gaya hidup sehat asal ada niat aja ^_^

    ReplyDelete
  12. @tutorial seo: iya benar sekali sob.. semua yg kita lakukan harus dimulai dengan niat :)

    ReplyDelete
  13. preventif is better than kuratif ....

    ReplyDelete
  14. Gaya hidup sehat dan menjalani kehidupan dengan tenang dan damai... teorinya gampang banget tapi pelaksanaannya susah sekali. Apalagi sejak nge-blog. Nyaris tiap malam begadang dan otomatis bikin waktu tidur berkurang.. duhhh :(

    ReplyDelete
  15. Nice blog...good luck and have a nice day :-)
    KONTO DLA MLODZIEZY

    ReplyDelete
  16. gw mendadak jadi penggemar postingan anda sob....banyak memberikan informasi yang berguna...

    ReplyDelete
  17. Artikel yang bagus,,semoga kita semua yg telah baca artikel diatas kita lebih paham lagi tentang pentingnya hidup sehat dengan pola makan yg teratur dan tidur yg teratur.sukses buat juragan,,terimakasih informasinya,,,jangan lupa kunjungi juga blog sy : www.obatpropolisaja.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. @syahidakomputer: yupz.. mencegah lebih baik daripada mengobati..

    @yulissamoa: dibuat jadwal aja mbak kpn kita mesti ngeblog, biar waktu tidurnya jd ga terganggu..

    @Robert N: thanks brother..

    @resistanCe: wah gw punya fans rupanya, hehehe.. makasih bgt sob klo informasi yg saya berikan bs berguna buat anda.. :)

    @soeranto: sama2 sobat.. sukses jg untukmu.. :)

    ReplyDelete
  19. Solusi yang bagus sobat.
    I like this.
    Mari menjaga kesehatan dengan melakukan apa yang disarankan oleh mas Donygols.
    Semangat...!!! :D

    ReplyDelete
  20. Salam Kenal dariku, nice artikel :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    ReplyDelete
  21. Setahu saya, jangan gunakan antibiotik bila tidak diperlukan atau tanpa petunjuk dokter. Efeknya bila terserang penyakit menjadi lebih sulit untuk disembuhkan. Better kurangi acara ngopi atau ngeteh anda, gantilah dengan jus jambu batu merah.

    ReplyDelete
  22. This is my first time i visit here. I found so many entertaining stuff in your blog, especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! Keep up the good work.

    ReplyDelete