Thursday, July 15, 2010

Ledakan Tabung Gas Elpiji

Maraknya kasus ledakan tabung gas menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Masih minimnya perhatian pemerintah dikhawatirkan akan lebih banyak membuat korban jiwa. Berdasarkan data Pusat Study Kebijakan Publik (Puskepi) sejak 2008-Juli
2010 terhitung sudah terjadi 189 kasus ledakan gas; 61 kasus pada 2008, 50 kasus pada 2009, dan 79 kasus pada 2010.

"Ini sangat mengkhawatirkan, gas seperti bom waktu di tengah-tengah masyarakat," ujar ketua Puskepi Sofyano Zakaria.



Menurut Sofyano, program konvensi minyak tanah dengan gas 3 kg yang sering menjadi petaka bagi masyarakat merupakan kebijakan dari pemerintah, maka sudah seharusnya jika terjadi ledakan pemerintah tidak lepas tangan. Untuk menimalisir ledakan gas, Sofyiano menghimbau agar pemerintah melakukan sosialisasi dan memberi himbauan kepada masayarakat untuk segera mengganti regulator dan selang gas yang pemakaiannya sudah mencapai 1 tahun.

"Sebab disinyalir salah satu penyebab ledakan berasal dari selang gas dan selang gas yang sudah tidak layak pakai," tandasnya.

Tulisan diatas adalah petikan yang saya ambil dari vibizdaily.com.
Saya akan mensharing kepada kalian semua "Buku Pintar Petunjuk Aman Penggunaan Elpiji Pertamina" yang dapat anda baca DISINI.

Semoga dengan adanya petunjuk ini kita dapat menjadi tahu dan dapat mencegah terjadinya ledakan gas dikemudian hari.

28 comments:

  1. Terima kasih sharing buku pintarnya, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. artikel yang sangat bermanfaat dimasa yang penuh ketakutan akan pemakaian gas elpiji. Teroris yang ngebom menghilang, malah gas yang ngebom ..mengerikan ...hati2 dalam pemakaian, berdoa dulu lah sebelum menyalakan kompor, semoga semua aman terkendali waspadalah waspadalah

    ReplyDelete
  3. Thank atas sharenya, sekarang tabung gas lpg menimbulkan kegalauan dimasyarakat. semoga dengan tips ini bisa lebih aman ...

    ReplyDelete
  4. nambain dikit boleh sob..!? dr pengalaman saya ni sob dr karet yg ada di tabung gas 3kg,itu jg paling sering bermasalah!biasanya karet sudah penyok atau kurang pas pasangnya,jd wkt regulator dipasang ada bocor tp kecil,klo bisa tiap kita habis pasang tabung coba sempatkan cek dg busa sabun,dr selang sampe regulator! dg busa sabun klo ada bocor pasti keliatan..!sorry sob kebanyakan ngoceh..

    ReplyDelete
  5. Apa sosialisasi penggunaanya yang kurang ya? hmmm.... Btw, thanks share info nya :)

    ReplyDelete
  6. tabung LPG = C4



    hahhahaaha

    ReplyDelete
  7. Serba membingungkan yah.. Sudah banyak yang jadi korban meledaknya Tabung Gas Elpiji. Haduhhh... mana minyak tanah juga harganya makin mahal...hiks

    ReplyDelete
  8. wooww suka artikelnya....jd serem ya ama tabung gas di rumah :(
    thanks buat buku petunjuknya....penting bgt nih :)

    ReplyDelete
  9. betul tuh segera ganti selang ma regulator nya yang bagus biar lebih aman..trus celup dulu tabungnya di bak air sebelum dipasang

    ReplyDelete
  10. kok bisa kebetulan postingan kita sama ya.. :)

    ReplyDelete
  11. Sekarang keselamatan dan nyawa manuasia semakin menurun harganya karena .. keserakahan beberapa oknum yang ingin hidup berlebih. Penyebabnya adalah tabung palsu, regulator palsu, pengisian yang ilega;, dll yang sekjenis..

    ReplyDelete
  12. HAdir disini boss... sebaiknya pemerintah harus sigap menangani teror tabung gas elpiji ini..

    ReplyDelete
  13. Memang sangat memprihatinkan ledakan gas yang terjadi akhir2 ini. Menurut saya Pemerintah dan Pertamina harus menarik semua tabung gas yang sudah beredar dan mengecek ulang semua tabungnya. Memang sulit pastinya. dan setiap tabung ada nomor dan setiap pembeli tabung mencatat namanya, sehingga bisa dilihat static tabung tersebut sudah digunakan berapa kali dan lebih mudah untuk menyelelidiki bila terjadi hal2 yang tak di inginkan.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. perlu sebuah langkah besar untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat lagi pada lpg 3 kg....nampaknya itu butuh waktu lagi...

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. wah, mangstab infonya brader.. salam dan sukses

    ReplyDelete
  18. sebenarnya ga ada yang salah dengan peralihan minyak tanah ke gas, hanya kurangnya pengawasan dari pertamina menjadikan semuanya tidak sesuai dengan yang diharapkan.
    hanya saran saja, itu komentar SAMPAH diatas mohon untuk dihapus aja sob, SPAM tuh !! kita blogger benci SPAM, daripada blog sobat dianggap junk blog oleh google, mending hapus aja tuh komentarnya !

    ReplyDelete
  19. Sebenarnya dengan peralihan Minyak tanah ke Gas tuch emang lebih Hemat dari segi Ongkos, tapi sayang perkembangan Tabung gas tidak di perhatikan Pemerintah, jadi telah banyak beredar di masyarakat Tabung gas yang tidak sesuai dengan standar, mengapa pemerintah kita selalu bergerak setelah terjadi musibah, itulah yg harus didengar oleh Pemerintah dan wakil rakyat yang duduk di kursi empuk diatas

    ReplyDelete
  20. @asrizal : bener... kurang pengawasannya. lagian pertamina kayak setengah hati!!!

    ReplyDelete
  21. bukan Amrozi cs aja yg bisa ngebom,3kg pun andil bagian, salam

    ReplyDelete
  22. wahhhh berita tentang ledakan tabung gas elpiji semakin marak terjadi didalam masyarakat. terutama terjadi pada masyarakat menengah kebawah, kenapa banyak yg menjadi korban itu masyarakat kelas menengah kebawah.

    karena kurang kehati-hatiannya merekakah atau memang tabung gas elpijinya yg di gunakan banyak yg palsu.

    dan itu membuat masyaarakat menjadi takut dan khawatir untuk menggunakan tabung gas elpiji.....

    dengan banyaknya kejadian itu, menimbulkan ide kreatif untuk membuat pengaman pada tabung gas elpiji, atau membuat alarm untuk kebocoran tabung gas elpiji.....cukup menarik sih mungkin bisa d coba oleh banyak masyarakat.... tapi masyarakat kelas menengah kebawah apa ya bisa beli....?

    Bali Villa

    ReplyDelete
  23. Petunjuk Aman Penggunaan Elpiji Pertamina, sangat berguna

    nice post,..

    G-Info 4 Shared

    ReplyDelete
  24. ikut ngeri juga ya... banyak kejadian karena tabung gas LPJ...

    Peke' clem regulator LPJ kemungkinan lebih aman dari kebocoran.... dan memahami petunjuk penggunaan... mantab sob...

    ReplyDelete
  25. Maraknya kasus ledakan tabung gas elpiji menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Berdasarkan data Pusat Studi Kebijakan Publik sejak 2008-Juli 2010 terhitung sudah terjadi 189 kasus ledakan tabung gas elpiji. Belasan jiwa melayang akibat rangkaian ledakan tersebut. Selain itu, puluhan orang mengalami luka bakar berat dan ringan. Belum lagi terhitung kerugian harta benda. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan, gas elpji menjelma menjadi bom waktu ditengah-tengah masyarakat.

    Untuk itu, diciptakanlah alat yang bisa mendeteksi kebocoran tabung gas elpiji untuk anda. Alat itu adalah Alarm Kebocoran Gas Elpiji Livotech, dimana alarm ini akan memperingatkan anda ketika adanya kebocoran pada tabung gas elpiji anda. Sehingga anda dan orang-orang yang anda cintai terlindungi dari ledakan tabung gas elpiji.

    seLengkapnya Langsung ke TKP di :

    http://www.alarmkebocoran-gaselpiji.blogspot.com/

    ReplyDelete
  26. Wah bukannya meringankan beban rakyat kecil, malah membikin takut dan menambah derita takyat kecil nich

    ReplyDelete